The Magic of Thinking Big

1 07 2009

Melanjutkan pembahasan mengenai berfikir dan berjiwa besar kemarin, kali ini saya akan membahasnya

CHAPTER 1

PERCAYA ANDA DAPAT BERHASIL, MAKA ANDA PUN AKAN BENAR-BENAR BERHASIL

Keberhasilan berarti banyak hal yang mengagumkan dan positif. keberhasilan berarti kesejahteraan pribadi, dan keberhasilan terutama berarti kebebasan, keberhasilan berarti menang, keberhasilan juga merupakan prestasi dan tujuan hidup. Read the rest of this entry »





Rahasia Kesuksesan

1 07 2009

“The magic of thinking big”

The best book seller by David J. Schwartz

Setelah melihat buku ini pertama kali, saya jadi tertarik akan kata “sukses”. siapa sih yang gak mau sukses? semua manusia pasti ingin meraih kesuksesan. dan menurut saya buku ini dapat memberikan pencerahan buat saya tentang arti sukses yang sebenarnya. Jika kalian ingin tau apa aja yang dibahas dalam buku ini, maka saya memberikan gambaran secara garis besarnya saja yahh.

dalam buku ini dibahas bagaimana merombak paradigma kita, lengkapnya adalah sebagai berikut: Read the rest of this entry »





Kalah dari facebook, friendster “Jual Diri”

6 08 2009

Ko bisa sih Friendster “Jual diri”???

FsSalah satu jejaring sosial tertua, Friendster, berencana untuk menjual sebagian besar sahamnya. Menurut Bank investasi Morgan Stanley, Friendster sedang mencari pembeli yang berasal dari Asia. Read the rest of this entry »





8 Cara membuat blog Anda sukses!!

2 08 2009

Mungkin banyak orang memanfaatkan blog hanya untuk kesenangan pribadi. Misal sebagai tempat curhat, menuliskan keluh kesah atau pengalaman yang dialami. Atau bisa juga untuk berbagi informasi, menuliskan informasi penting agar banyak orang yang bisa mengetahuinya. Sebagai tempat latihan menulis juga bisa. Tujuan lainnya, blog bisa pula dipakai untuk tempat menyimpan catatan-catatan penting anda.

Namun, apapun tujuan anda ngeblog, yang jelas blog bisa pula mendatangkan keuntungan tak terhingga untuk anda. Blog bisa mendatangkan uang tanpa henti masuk ke kantong anda. Enak kan? “Sekali nyetir, dua kota terlewati”. Sambil tetap ngeblog dan tidak kehilangan kesenangan anda, bisa pula menambah tebal dompet anda. Tapi bagaimana caranya?

Itu pasti yang ingin anda tanyakan. Tentunya blog anda harus menarik banyak pengunjung dan membuat mereka betah unuk berkali-kali datang ke blog anda. Di sini saya bagikan 8 hal yang perlu anda perhatikan agar blog anda sukses secara spektakuler.

  1. Tetapkan URL yang konsisten. Dalam membuat blog, URL anda harus konsisten. Maksudnya, jangan digonta-ganti. Sekali saja anda mengganti URL blog, berarti anda harus kerja keras mempopulerkannya kembali. Blog yang sudah mulai akrab dengan search engine, akan hilang begitu saja. Begitupun koneksi yang telah anda bangun selama ini. Karena itu URL sangat penting. Dalam menentukan URL, sebaiknya pilih nama yang mudah diingat. Prinsip lainnya, bisa di baca di sini.
  2. Pilih topik yang tepat. Dulu pernah saya katakan, bekerja di bidang yang dicintai membuat kita lebih mudah sukses. Saat membuat blog, hal ini pun harus menjadi bahan pertimbangan. Jangan memaksakan diri di bidang A kalau anda suka bidang B. Bekerja di bidang yang anda sukai pasti membuat anda lebih semangat. Kalau bingung mau memilih topik blog apa? Gampang! Solusinya bisa anda temukan di cara memilih topik blog yang menarik seperti magnet.
  3. Tampilkan content berkualitas. Saya jamin, tak ada yang bakal menolak barang berkualitas yang gratis. Begitupun dengan blog anda. Jaga kualitas content blog anda. Dengan begitu, pengunjung akan kesengsem dan mudah kembali ke blog anda. Kalau mau isi blog anda jadi bagus, baca di sini.
  4. Promosikan blog anda. Undang pengunjung sebanyak mungkin untuk datang ke blog anda. Misal, dengan aktif menulis di milis. Bisa juga dengan aktif berkomentar di blog yang ramai pengunjungnya. Bisa pula dengan memanfaatkan social network yang sesuai dengan target pembaca anda. Dan banyak cara lainnya. Yang penting, anda jangan pernah berhenti mempromosikannya. Memang mungkin menghabiskan banyak waktu. Tapi hasil yang anda tuai pasti sepadan dengan usaha anda.
  5. Tingkatkan keterampilan teknis. Setelah memiliki blog, jangan lupa untuk meningkatkan keterampilan anda mengelola blog. Banyak hal yang bisa dipelajari seperti mengenai SEO, HTML, dan lainnya. Dan mungkin tak akan pernah ada habisnya. Tapi yang penting, setelah anda pelajari, langsung praktekkan. Biar pengetahuan anda jadi melekat dan bermanfaat. Dengan semakin menguasai hal teknis, blog anda pasti akan tampil unik dan jauh lebih menarik.
  6. Lakukan riset dan evaluasi. Jangan bosan untuk meningkatkan kualitas blog anda. Karena itu, lihat blog ‘tetangga’ dan bandingkan dengan blog anda. Serap hal-hal yang menurut anda baik untuk diterapkan pada blog anda. Dengan selalu melakukan riset dan evaluasi, blog anda pasti akan lebih baik dari hari ke hari.
  7. Jangan surut langkah. Sekali anda memutuskan ngeblog, jangan pernah mundur. Meski mungkin anda menemui kenyataan tak seindah harapan. Seperti meski anda sudah jungkir balik promosi, tapi pengunjungnya cuma segitu saja. Atau page rank blog anda masih ada di urutan terbelakang. Sekali lagi, jangan pernah surut langkah. Kesulitan itu sesuatu yang wajar. Dan anda harus belajar menyelesaikannya. Hadapi kesulitan anda, bukan dihindari!
  8. Berani berkorban. Orang Jawa bilang, jer besuki mawa bea. Ini pepatah lama yang tetap cocok sampai kapanpun. Untuk meraih kesuksesan anda harus berkorban lebih dulu. Jika anda telah memilih membuat blog, kelolalah dengan baik. Jangan sia-siakan. Fokuskan perhatian anda pada blog anda.

Cara di atas mungkin sudah sering anda temui. Tapi, jangan dulu berkomentar basi. Cobalah satu-persatu, niscaya nantinya anda akan terkejut melihat pengunjung blog anda jauh lebih ramai dari anda kira. Kalau sudah begitu, mau pilih sumber penghasilan blog yang manapun, pasti akan lebih gampang mewujudkannya.

Desain dan pemilihan font! Dua hal ini yang perlu anda perhatikan untuk memoles tampilan blog anda.

Mari kita mulai dari desain blog terlebih dulu. Tapi sebelumnya, saya ingin katakan kalau dalam desain tak ada jawaban pasti seperti dalam ilmu matematika. Soal desain blog sangat bergantung tujuan, topik, dan target pengunjung blog anda. Yang saya sharingkan hanya panduan umum dan berdasar pengamatan saya terhadap blog-blog sukses.

Yang saya amati, blog sukses tak pernah menomorduakan aspek desain. Desain dianggap sama penting dengan content. Ada blog terkenal yang memakai model layout dua kolom, seperti Zen Habits. Tapi ada juga yang berlayout 3 kolom atau lebih, seperti Lifehacker. Tapi yang penting, prinsipnya desain blog dibuat seefektif dan sefungsional mungkin. Berusaha memanjakan pengunjung agar mudah dan nyaman saat ada di blognya, dan tak sampai tersesat.

Nah, kedua soal pilihan font. Pemilihan font yang tepat bisa membuat pembaca betah membaca, meski kadang cuma hanya men-scanning teks. Yang banyak saya amati, font di judul biasanya memakai font jenis Arial, Trebuchet MS, Lucida Grande, atau Georgia.

Sedang di tubuh artikel, kebanyakan blog memakai font tanpa kaki (sans-serif). Ada yang mengatakan kalau font tanpa kaki terlihat lebih jelas di layar komputer meski sampai ukuran yang kecil. Jenis font yang banyak dipilih adalah Verdana, Trebuchet MS, Lucida Grande, dan Arial. Contohnya, Verdana dipakai CopyBlogger dan Trebuchet MS dipakai Seth Godin,

Lalu berapa ukurannnya? Ukurannya bervariasi antara 10px sampai 14 px. Jangan terlalu besar tapi juga jangan kekecilan. Kalau blog JokoSusilo.com sendiri memakai font Trebuchet MS untuk judul, dan font Verdana di body teks.

Memoles tampilan blog anda agar menawan, membuat blog anda lebih disukai pembaca. Kalau blog anda sudah ramai, pasti uang mengalir deras ke kantong anda.

Oh ya, kalau anda pakai desain model apa dan font apa?





Aneh tapi Nyata!!

2 08 2009

Pernikahan ala pnikahenderita flu babi.

Pengantin perempuan mengenakan gaun serba putih dan sebuah masker penutup mulut. Apa-apaan nih?
Lebih lucu lagi, pasangan pengantin dari Chicago ini pada Minggu (21/6) tak hanya pakai masker, mereka juga mengenakan sarung karet yang biasa dipakai untuk bedah.
Rupanya, seperti dilansir Reuters, kedua mempelai, Llana Jackson dan Jeremy Fierstien, itu baru saja terkena influenza A-H1N1 atau flu babi hanya 48 jam sebelum hari yang paling mereka tunggu-tunggu itu tiba. Read the rest of this entry »





Tutorial Blog

13 07 2009

Cara membuat blog tutorial blogger tips ngeblog di wordpress blogger.com / blogspot dan tips menulis blog bagi blogger pemula dan lanjut.

Perhatian: Pengutipan sebagian atau keseluruhan suatu artikel diperbolehkan dan tidak diperlukan ijin terlebih dulu asal menyebut www.fatihsyuhud.com sebagai sumber pengambilan. Terima kasih.

Tip membuat blog bagi pemula. Tips ini pernah dimuat di kolom-mario blogspot.com yang saat ini sudah dihapus dan tidak lagi berada di bawah maintenance www.fatihsyuhud.com Bagi yang ngelink ke kolom-mario.blogspot.com, harap dihapus dan diganti ke blog http://www.fatihsyuhud.com.

Tutorial blog ini dibagi menjadi tiga (1) tutorial wordpress bagi pemula, baik wordpress.com, blogsome.com, blogs.ie atau self-hosted wordpress; (2) tutorial blogger.com / blogspot dan (3) tutorial ngeblog secara umum termasuk sejumlah tips promosi blog, cara menulis di blog, dan tip sukses menulis dan menjadi blogger.

WordPress.com tidak dapat menerima kode javascript. Aksesoris blog yang memakai javascript seperti shoutbox, oggyx, bukutamu, marquee (teks bergerak), iklan adsense, dan lain-lain tidak bisa dimasukkan ke wordpress.com. Sedang blogger.com, blogsome.com dan blogs.ie dapat menerima javascript.

Tutorial Blog WordPress.com klik disini





Lakukan Yang Terbaik

5 07 2009

Memang dalam hidup ini tuh ga ya gampang untuk melakukan sesuatu, tapi ga mustahil juga sih buat kita untuk menjadikan sesuatu yang sulit itu jadi gampang, tapi jangan terlalu nyepelein juga sih…

Ya… semuanya tergantung sama diri kita pribadi, dari segi mana kita melihatnya… kata salah satu dosen terbaik di BEC (Mr. Adi Purwanto) sih jangan berpikir negatif dulu akan sesuatu hal, lakukan dulu baru hasilnya gimana nanti yang penting LAKUKAN DAN LAKUKAN!!!

Kalo dibilang sih “dahulukan otak kanan baru otak kiri” gitu…..

Tapi ya gampang-gampang susah juga sih.he…….
pokona mah “What you think is what you get”
Read the rest of this entry »





Makna Warna

5 07 2009

Yup, buat kalian yang belum mengetahui makna dibalik warna, nih bisa liat dan sesuaikan dengan warna favoritmu dan karakter pribadimu.

Semua warna yang pas/cocok dimasukkan ke dalam tiga kategori; sejuk, hangat dan netral. Sedangkan kita bisa memilih semua warna yang kita suka dari kategori yang sama,itu mungkin sering mencapai efek yang lebih sangat kuat dengan memperkenalkan warna dari satu di antara kelompok yang lain. Mari kita liat pandangan/persepsi sekarang bagaimana warna-warna bekerja bersama dan masing2 warna berarti bagi yang melihatnya. Read the rest of this entry »





Apa bedanya Suka, Sayang, dan Cinta???

4 07 2009

Suka, Sayang, Cinta……… ehmm. apa bedanya???

love 2

Kadang kita dibuat bingung dengan perbedaan ungkapan yang banyak orang gunakan dalam mengekspresikan perasaan mereka masing-masing.. Disini saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang perbedaan diantara tiga kata tersebut..

Suka, Sayang, Cinta Read the rest of this entry »